Type to search

Untuk Mengetahui Proyeksi DBH 2020, DPRD Wajo Kunker di Bapenda Sulsel

Share

Komisi II DPRD Kabupaten Wajo didampingi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Wajo melakukan kunjungan kerja ke Bapenda Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar, Jum’at 1 November 2019.

Diketahui kunjungan itu untuk mendapatkan referensi terkait Dana Bagi Hasil (DBH) pajak yang akan diditerima Pemkab Wajo pada tahun 2020. Dalam kunjungan itu rombongan diterima Kabid PAD, Darmayani Mustafa yang didampingi sejumlah pejabat terkait, di Bapenda Sulsel.

 “Kami ingin mengetahui proyeksi pendapatan kami dari dana bagi hasil (DBH) pada tahun 2020 karena pada tahun ini kami menargetkan 65 miliar dan sampai akhir bulan September 2019 ini baru terealisasi sekitar 48,4 miliar,” kata Firman Perkesi selaku ketua DPRD Kabupaten Wajo yang juga selaku pimpinan rombongan pada saat itu.

Sementara Sudirman Meru selaku ketua Komisi II DPRD Kabupaten Wajo mengatakan telah memperoleh informasi yang jelas terkait kemungkinan realisasi Dana Bagi Hasil (DBH) Provinsi tahun 2019 sampai akhir tahun anggaran.

“Proyeksi DBH 2020 mengikuti realisasi 2019. Memungkinkan ditambahkan kenaikan sampai 7%,” kata Sudirman Meru.

Menurut politisi PAN itu, bahwa untuk memaksimalkan dana bagi hasil pajak, Bapenda Provinsi dan Kabupaten Wajo harus bangun kerjasama yang baik.

“Bapenda Provinsi dengan Bapenda Kabupaten Wajo akan kerjasama untuk melakukan pendataan potensi pajak PBBKB terhadap Pertamina dan perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Wajo yang memanfaatkan BBM dalam operasional usaha industri, Saling mendukung merealisasikan tagihan tunggakan pajak kendaraan Dinas yang menjadi intervensi Korsupgah KPK termasuk menelusuri pajak air permukaan yang menjadi kewajiban PT. Energi Sengkang,”Tambah Sudirman.

Darmayani Mustafa selaku Kabid PAD optimis kalau DBH Wajo tahun 2019 ini akan mencapai 100 persen.

“Insya Allah untuk 2019 ini, akan mencapai 100 persen paling tidak margin error 1 persen karena ini sudah masuk 70 persen,”ungkapnya.

Untuk diketahui pemerintah Kabupaten Wajo target 65 miliar DBH di tahun 2019 dan sampai akhir bulan September ini terealisasi sekitar 48,4 miliar.

Laporan : Humas DPRD Wajo

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.