Type to search

KOMISI II DPRD KAB. WAJO SOSIALISASI RANPERDA PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI

Share

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Wajo lewat Komisi II DPRD Kab. Wajo mengadakan sosialisasi ranperda perlindungan dan pemberdayaan petani di Kecamatan Majauleng. Salah satu petani perwakilan Gapoktan, mengakui perlunya peningkatan pengetahuan petani.

Para gapoktan dan poktan antusias mengikuti sosialisasi.tanya jawab. Termasuk mekanisme penyaluran pupuk dan benih. Bahkan gapoktan meminta menjadi pengecer pupuk agar supaya distribusinya bisa lancar. Begitupun peningkatan SDM terhadap para pelaku tani.

Ketua Komisi II Asri Jaya A. Latief mengungkapkan bahwa petani saat ini tak hanya memerlukan peningkatan pengetahuan di bidang menanam saja, melainkan juga pemasaran dan perlindungan lahan serta produk pertaniannya. Sebab ia menilai terbitnya berbagai aturan mengenai petani kurang disosialisasi pada petani itu sendiri.

“Aturan soal petani banyak, tapi tidak semua petani tahu, jadinya sosialisasi seperti ini memang dibutuhkan agar para petani paham soal pertanian secara menyeluruh jadi tidak sekedar tanam saja,” katanya.

Jadi harapan kami. gapoktan dan poktan betul betul dapat berdaya guna bagi anggotanya dan Perda inisiatif komisi II DPRD Kab. Wajo mudah mudahan dapat ditetapkan tahun ini.

Tak lupa H. Sudirman Meru yang juga Anggota Komisi II DPRD Kab. Wajo mengatakan bahwa upaya pemberdayaan memiliki peran penting mencapai kesejahteraan petani. Pemberdayaan ini untuk memajukan dan mengembangkan pola pikir petani dan menguatkan kelembagaan petani agar mampu mandiri sekaligus berdaya saing tinggi,” ujarnya.

H. Aminuddin Wakil Ketua Komisi II DPRD Kab. Wajo menambahkan, Pemberdayaan petani bertujuan mewujudkan kedaulatan dan kemandirian petani. Caranya seperti melalui perlindungan dari kegagalan panen dan risiko harga,”.

Kami berharap agar nantinya bupati baru nanti dapat mengimplementasikan demi kesejahteraan petani

Diketahui, Hadir pada kesempatan ini Kepala Bidang Penyuluhan Bapak Suardi dan peserta sosialiasi adalah para petani di Kec. Majauleng. Kegiatan ini sudah dilaksanakan di Beberapa Kecamatan dan rencananya sosialisasi ini akan dilaksanakan pada 14 Kecamatan di Kabupaten Wajo.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.