Type to search

Inginkan Adipura Bertahan di Tanah Wajo, Dewan Dorong Pemkab Perhatikan Kebersihan

Share

Keberhasilan Kabupaten Wajo meraih Piala Adipura yang ke 10 kali menjadi catatan penting bagi DPRD Kabupaten Wajo.

Demi mempertahankan predikat sebagai kota yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan di Indonesia. DPRD Wajo pun mendorong instansi terkait untuk terus memperhatikan kebersihan kota demi meraih penghargaan itu kembali.

Pesan itu disampaikan Anggota Komisi III DPRD Wajo ke Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Wajo dan sejumlah instansi terkait lainnya saat menggelar rapat monitoring dan evaluasi pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019

“Kita berharap Adipura tahun ini diraih kembali, kami pasti akan mendukung. Jangan sampai kepimpinan Duo Amran gagal meraih Adipura,” ujar Ketua Komisi III DPRD Wajo, Taqwa Gaffar, Selasa (22/10/2019) kemarin.

Legislator Partai Nasdem ini, inipun meminta kerjasama dari semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan kota terutama di lokasi titik-titik pantau penilaian adipura sehingga dapat mendukung keberhasilan meraih penghargaan untuk yang ke 11 kalinya.

“Seperti di lingkungan pasar, layanan publik, TPA, TPS, perumahan, dan fasilitas umum lainnya. Itu titik pantau perlu diperhatikan,” imbaunya.

Ketgam : Rapat Kerja Anggota Komisi III DPRD Wajo Terkait monitoring dan evaluasi pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019.

Sementara Anggota Komisi III DPRD Wajo, HM Yunus Pananungi menegaskan, DPRD juga harus ikut berpartisipasi agar daerah bisa meraih penghargaan Adipura, baik itu melalui kebijakan ataupun tindakan di masyarakat.

“DPRD bisa memberikan usulan ataupun menyetujui anggaran di APBD yang dialokasikan untuk persiapan penilaian Adipura, asalkan sesuai regulasi. Seperti untuk penataan kawasan atau titik pantau, maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan penataan dan juga peningkatan kebersihan di daerah,” kata Yunus Pananungi yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD Wajo.

Seperti diketahui Tahun 2018 kemarin Kabupaten Wajo berhasil mempertahankan piala Adipura. Adipura ini merupakan Paial Adipura ke 10 Kabupaten Wajo, yang diraihnya masing-masing pada 2006, 2007, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2016, 2017 dan 2018.

Dari 10 Piala Adipura yang diraih 8 diantaranya didapat di masa kepemimpinan Andi Burhanuddin Unru selama dua periode menjabat Bupati Wajo.

Laporan : Humas DPRD Wajo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.