Type to search

Elpiji 3 Kg di Wajo Langka, DPRD Wajo: Besok Kita Akan Panggil Agen

Share

Gas elpiji 3 Kg kembali langka di Kabupaten Wajo. Tidak hanya langka, dalam dua pekan terakhir harga gas melon bersubsidi itu juga melonjak.

Hal tersebutpun dikeluhkan masyarakat karena sulitnya mendapatkan gas 3 Kg, baik itu di tingkat agen maupun di pangkalan.

Kalaupun ada, masyarakat biasanya mendapatkan lewat pengecer, hanya saja untuk membeli pada pengecer warga harus mengocek kantong lebih dari harga normal Rp 16.000-17.000 menjadi Rp. 28.000 pertabung.

Menyikapi hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo, Ir Sudirman Meru, mendesak Pemerintah Kabupaten Wajo, untuk segera melakukan langkah preventif untuk mengatasi kelangkaan tersebut.

“Kami tadi turun langsung mengecek di lapangan, ternyata memang terjadi kecendrungan dan indikasi kelangkaan. Pemkab Wajo harus segera melakukan upaya preventif sebelum menimbulkan gejolak di masyarakat,” ujar Sudirman Meru, usai menerima aspirasi dari sejumlah emak-emak (IRT) di Kecamatan Tempe, Senin (29/07/2019).

Ketua Fraksi PAN DPRD Wajo ini juga mengaku telah berkoordinasi dengan pimpinan Komisi II DPRD Wajo selaku komisi yang membidangi masalah gas untuk menindak lanjuti persoalan tersebut.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Wajo, Asri Jaya A Latif mengatakan, telah menerima sejumlah laporan warga dan akan segera mengundang pihak-pihak terkait untuk membahas kelangkaan gas elpiji bersubsidi di Wajo.

“Sudah ada beberapa aspirasi masuk, makanya besok kita akan adakan rapat dengan megundang agen dan instansi terkait, apa sebenarnya yang menjadi penyebab kelangkaan ini,” kata Asri Jaya.

Legislator Partai Demokrat Wajo ini juga mengaku heran, dengan kelangkaan tersebut mengingat kuota gas elpiji 3 Kg untuk Wajo setiap tahunnya bertambah.

“Kita kemarin sudah minta tambahan kuota dan itu sudah dipenuhi. Eh ternyata masih langka juga. Ini yang harus dicari pangkal penyebabnya, karena tidak menutup ada yang bermain sehingga gas subsidi langka,” tegasnya.

Laporan : Humas DPRD Wajo

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.