Type to search

Aspirasi Masyarakat Petani Desa Wele Kec. Belawa.

Share

Aspirasi terkait tertutupnya saluran air irigasi bila yang sudah hampir dua bulan tidak mengairi sawah seluas 670 hektar, yang berdampak pada terancamnya gagal panen.

Aspirasi  diterima langsung oleh Ketua DPRD Wajo H.Muh.Yunus Panaungi bersama anggota DPRD Wajo dari Komisi III, Wakil Ketua Komisi IV Hj. A. Riniawaru Passamula dan Kepala UPTD Irigasi bendungan Kalola, Abbas. selasa,26/09/2017.

Bapak Rais sebagai juru  bicara yang mewakili Ratusan masyarakat Petani Desa Wele meminta  pihak pemerintah melalui DPRD Wajo,untuk membantu memfasilitasi  agar air disaluran irigasi  bisa jalan kembali , untuk  mengantisipasi keringnya lahan pertanian sawah ,bagaimanapun caranya, katanya.

Ketua DPRD Wajo H.Muh.Yunus Panaungi, turut prihatin atas keresahan yang dialami masyarakat, dan berjanji akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat, bahkan akan segera menyurati pihak irigasi bila ataupun  irigasi bendungan Kalola kabupaten wajo ”yang jelas apakah itu airnya dari irigasi Bila Atau bendungan Kalola, besok air sudah harus jalan mengairi sawah di Desa wele,itu akan saya sampaikan di Dinas PSDA Kabupaten Wajo,” tegasnya.

Kepala UPTD Irigasi bendungan Kalola, menjelaskan bahwa ini terjadi karena bendungan bila sedang dalam perbaikan saluran dan sudah berlangsung sejak bulan  Agustus dan selesai pada bulan september,sementara air dari irigasi bendungan Kalola sangat terbatas dan sudah memiliki debit air sedikit, mudah-mudahan  tanggal 30 september irigasi  bila bisa disuplai kembali “karena jaraknya jauh  diperkirakan air  baru bisa  masuk Belawa, kalau tidak ada halangan pada tanggal 5 oktober 2017,”ucap Abbas.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.